‘Icip-icip’ di PAMERAN PROYEK AKHIR BOGA 2014

Pagi itu 4/3/2014 jam 07.30 WIB di depan halaman KPLT FT UNY banyak orang berpenampilan busana Nusantara. Senyum sapa ceria tampak menghiasi rona pipi bertaburkan bedak kosmetika. Suasan lapangan di depan Fakultas Teknik UNY tidak sepi seperti biasanya.  Hamparan rumput lapangan FT yang hijau berubah menjadi display aneka warna sajian makanan yang mengundang selera. Rupanya baru digelar Pameran  PA (Proyek Akhir) Mahasiswa Program Studi S1 dan D3 Teknik Boga Jurusan PTBB FT UNY. 

Proyek Akhir berupa gelar produk boga bersumber bahan dasar dari umbi-umbian. Proyek Akhir merupakan agenda akademik yang pelaksanaanya dilakukan setiap tahun di akhir menempuh kuliah pada Jurusan PTBB Program Studi Teknik Boga. Gelar Proyek Akhir Boga dibuka langsung oleh Pembantu Rektor II UNY Dr. Moch. Alip, M.Pd. tepat pukul 08.00 WIB. Pada sisi lainnya, dalam sambutannya Dr. Kokom Komariah M.Pd. selaku Ketua Pameran Gelar PA (Proyek Akhir) Boga menyatakan bahwa Gelar Proyek Akhir Boga ini merupakan unjuk kompetensi diri setiap mahasiswa yang menuntut multitalent untuk dapat merancang, membuat, mengkreasi, dan melaksanakan Pameran Proyek Akhir Boga dalam suatu timwork managemen.

Sebagai ajang bukti kompetensi Pameran Proyek Akhir Bidang Boga diwujudkan dalam bentuk penilaian yang menghasilkan aneka kejuaraan dalam berbagai kategori, seperti: produk terbaik, stand terbaik, produk favorit, dan produk layak jual. Mahasiswa peserta Proyek Akhir menjadi semakin tertantang berlomba untuk menampilkan karya terbaiknya.

Acara Pameran Proyek Akhir Boga juga disemarakan dengan hadirnya penampilan Boys Band dan Sendra Tari. Pengunjung selain dapat menikmati tampilan alunan lagu gelora jiwa dan penampilan sendra tari juga dapat ‘icip-icip’ aneka jajan pasar karya Mahasiswa. “Enak sekali, ya Bu…karya denok genduk PTBB ini?” Ujar seorang bapak-bapak kepada istrinya sambil ‘nggayemi’ melumat kue. (try & tony)