Desain – Desain Baru Evening Gown nan Luar Biasa Ditampilkan Mahasiswa Dalam Pagelaran Busana Remixed Synergy

Pagelaran busana Remixed Sinergy yang bertempat di Auditorium UNY dan diselenggarakan pada hari Senin 16 Januari 2012 ini merupakan ajang yang sangat kompleks untuk para mahasiswa Pendidikan Teknik Busana (S1) dan Teknik Busana (D3) angkatan 2009 dimana mereka dituntut menyelenggarakan acara pagelaran busana serta mengkreasi rancangan busana baru dan puncaknya mereka sendiri yang memamerkan busana tersebut di atas catwalk.

Ditemui pada sela-sela acara, Ketua Jurusan, Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Noor Fitrihana, M.Eng menjelaskan bahwa acara ini merupakan perpaduan dari dua mata kuliah yakni, Managemen Peragaann Busana serta Adi Busana. Mahasiswa diminta untuk menampilkan semua kemampuan yang didapat selama kuliah dari semester satu hingga semester lima ini. “Acara ini bertujuan untuk belajar mengembangkan keterampilan, wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menciptakan suatu karya busana serta memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada mahasiswa untuk menjadi Event Organizer sekaligus menjadi model untuk memperagakan busana karya mereka sendiri. Sehingga dengan event ini dapat mensosialisasikan karya adi busana kepada pengamat fashion dan masyarakat umum, yang juga akan mempromosisikan  jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta kepada masyarakat umum”, jelasnya. Wakil Rektor I, Prof. Nurfina Aznam, SU, Apt., dalam sambutannya saat membuka acara ini menyampaikan rasa takjubnya dengan acara yang diselenggarakan para mahasiswa dari jurusan busana ini dengan berkali-kali menggucapkan kata “luar biasa”. “Saya yakin sebentar lagi, para mahasiswa jurusan Busana akan mengukir nama mereka sebagai designer-designer terkenal baik nasional maupun internasional serta memiliki jiwa seorang pendidik yang kuat”, tuturnya.

Busana yang ditampilkan pada pagelaran busana kali ini menggunakan teknik jahit halus yang sebagian besar penyelesaiannya menggunakan tangan (hand made). Desain – desain baru yang ditampilkan mahasiswa menggunakan sumber ide remixed, memamerkan busana evening gown dengan sumber ide remixed yang menampilkan busana Muslim dan umum. Remixed Synergy, tema pagelaram ini, mengandung arti mensinergikan unsur-unsur yang sudah ada dengan sesuatu yang baru sehingga menjadi karya yang baru dan orisinil.

Dalam ajang ini dipamerkan 91 karya mahasiswa dengan menggunakan sistem kompetisi untuk menambah motivasi mahasiswa dalam menciptakan karya-karya baru, dengan mendatangkan tiga Juri, yakni, Drs.Yoyon Atmaja, Esti Susilatari, dan Widyabakti Sabatari S.SM. Untuk pemenang dibagi kedalam tiga kategori pada ajang ini, kriteria penilaian meliputi teknik jalan untuk modeling, total look untuk busana dan vote penonton untuk juara favorite. Best Score kategori Modelling yang dimenangkan Bella Yoslianti, Best Score untuk Kreasi Busana oleh Menur Sari dan Top Score untuk juara Favorite pilihan penonton adalah Dewi Kusmiati. (haryo)