Rombongan Jurusan PTBB pelajari Eco-Fashion di Kangan Institute Australia

Rombongan jurusan Pendidikan Tata Boga dan Busana (PTBB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendapatkan pelatihan di Kangan Institute, Australia (25/05-5/06.2015). Ketua Jurusan PTBB, Noor Fitrihana, M. Eng., menuturkan bahwa agenda ini merupakan salah satu bentuk realsisasi kerjasama antara FT UNY khususnya Jurusana PTBB dengan Kangan Institute, Australia. “Tahun lalu, rombongan dari Kangan Institute yang ketempat kami (Jurusan PTBB FT UNY) untuk belajar tentang proses produksi dan desain batik dan kali ini gantian kami yang diundang mereka untuk belajar bersama tentang eco-fashion, screen printing dan knitting technology”, ungkap Noor. 

Selama disana rombongan dari PTBB FT UNY didampingi langsung oleh Fabia Pryor, Koordinator Textile and Fashion Hub., dari Kangan Institute. “Sehingga kami bisa benar-benar sharing dan belajar mengenai pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi produk fashion”, imbuh Noor.

Noor menambahkan bahwa selama kurang lebih dua minggu pihaknya banyak belajar tentang green productiondalam pembuatan busana. “Mulai dari bahan, proses, finishing bahkan hingga pasca pemakaian semuanya mengacu kepada konsep ramah lingkungan sehingga limbah produksi pun sangat minimal”, komentar Noor tentang konsepSustainable fashion yang telah diaplikasikan oleh Kangan Institute.

“Sustainable fashion atau seringkali disebut dengan eco-design sendiri merupakan isu yang sedang berkembang akhir-akhir ini. Tujuan dari konsep ini lebih ke arah perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial sehingga suatu produk didesain dan diproduksi dengan mempertimbangkan lingkungan serta dampak sosial”, jelas Noor.

“Ada sesi dimana kami dimentori oleh seorang desaigner muda asal Australia yang memang aktif pada bidangSustainable Fashion sehingga sangat menarik melihat berkembangnya bisnis yang berhubungan dengan dunia fashion namun lebih mengedepankan tanggung jawab terhadap lingkungan”, cerita Noor.

“Kami juga berkesempatan untuk melakukan observasi langsung ke industri-industri fashion dan textile di Australia, disana kami ditujukan bagaimana moderenisasi pada bidang produksi busana terutama pada screen printing serta knitting”, tutur Ketua Jurusan PTBB FT UNY ini.

Selain tentang dunia fashion, rombongan dari PTBB yang terdiri dari bapak ibu staf pengajar ini, juga mendapatkan pelatihan tentang Human Leadership yakni  kemampuan tentang ‘dealing with people’.