Tim Karnaval FT UNY Semarakkan Semarak Kuliner Jogja &Pelangi Budaya Bumi Merapi

Tim Karnaval FT UNY menjadi salah satu pembuka acara Semarak Kuliner Jogja yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2014 di Plaza Pasar Ngasem. Semarak Kuliner Jogja merupakan event yg diselenggarakan oleh Sinergi Kompas Gramedia yg tergabung dalam Forum Komunikasi Daerah Yogyakarta. Tema yg diangkat di tahun 2014 ini adalah “Kuliner Khas Jogja”. Tema yg bertujuan untuk melestarikan kuliner khas Jogja sekaligus mengkolaborasikan unsur-unsur tradisional dan budaya khas Jogja.

Tim Karnaval FT UNY membawakan Fashion Carnival dengan judul ‘Sita dan Dahananya’ yang terinspirasi dari kisah kesetiaan Siya yang diragukan sehingga terjadilah pembakaran dirinya. Selain itu Tim Karnaval FT UNY kembali mengikuti Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi dan meraih Juara 2 dengan membawakan ‘Sekar Deling Areraton’ yang di dalam penampilannya perpaduan apik Batik Sleman serta bambu-bambu. Dengan sejumlah 30 orang player Tim Karnaval FT UNY membawakan moving coreography dengan sepatu roda.

Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi ini diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2014 yang merupakan event tahunan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Pada tahun ini dalam penyelenggaraannya bekerjasama dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sleman. Kegiatan yang diikuti ribuan seniman ini menempuh jarak sekitar tiga kilometer dan digelar dari kawasan Eks Pasar Sleman melintasi Jalan Magelang dan Jalan Pringgodiningrat serta berakhir di lapangan Pemkab Sleman. Mulai Lapangan Denggung hingga Pasar Sleman. “Ada 30 kelompok yang ambil bagian dalam kegiatan ini,’’ jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman AA Ayu Laksmidewi.