Mahasiswa Boga FT-UNY Menjadi Finalis Lomba Inovasi Produk Hasil Perikanan Tingkat Nasional

Dalam rangka meningkatkan motivasi masyarakat dalam mengembangkan motivasi masyarakat dalam mengembangkan inovasi produk olahan bernilai tambah berbahan baku hasil perikanan sebagai salah satu upaya mendukung minapolitan berbasis pengolahan hasil perikanan, Ditjen Pengolahan dan pemasaran Hasil perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menyeleksi 86 formula produk inovasi yang dikirim peserta Lomba dari seluruh daerah di Indonesia. Dari 86 formula telah terpilih 20 finalis , dan salah satu Finalis adalah formula/resep Siomini (Siomay cumi Warna Warni) karya 2 orang mahasiswa Prodi S1 Teknik Boga FT UNY Elsa Mareta dan Arum Larasita.

               Elsa menjelaskan bahwa Siomini (Siomay Cumi-cumi Warna Warni) Inovasi Siomay baru yang berbahan baku cumi-cumi. Kalau biasanya siomay berwarna putih, Siomini berwarna-warni, warnanya adalah merah keungu-unguan, kuning dan hijau. Warna merah keunguan berasal dari sari buah bit, warna hijau berasal dari sari sawi hijau dan warna kuning di dapatkan dari sari wortel. Siomini ini mempunyai kulit yang lembut karna dibuat dari dadaran tepung terigu dan tepung tulang ikan. Siomini dibuat denganmenggunakan teknik olah kukus, dimana teknik kukus dan warna yang menarik dari sari sayuran membuat siomini tergolong makanan yang sehat dan  bernilai gizi tinggi. Siomini disajikan dengan saus sambal beda dengan siomay pada umumnya yang disajikan dengan saus kacang.

         Formula Siomini akan diolah dan dipraktekkan bersama 20 finalis lainnya  dalam Ajang Final Lomba Inovasi Produk Hasil Perikanan Tingkat Nasional di  Halaman Parkir GMB III Kementerian Kelautan dan Perikanan 25-10 2010. Untuk itu Elsa Mareta dan Arum arasita mohon doa restu dan dukungan dari seluruh civitas FT-UNY agar mampu meraih prestasi di Tingkat Nasional. Dalam mengikuti kegiatan ini kedua mahasiswa Boga FT-UNY akan didampingi satu dosen pembimbing yaitu  Fitri Rahmawati, M.P. Menurut Fitri Rahmawati sebenarnya banyak inovasi olahan makanan baik dari pertanian, peternakan maupun perikanan yang dilakukan mahasiswa Boga FT-UNY yang layak jual . Untuk itu mahasiswa diharapkan meningkatkan kreativitas, networking dan marketing sehingga  mampu menjadi wirausaha yang sukses. (noor)