SIOMINI KARYA MAHASISWI PRODI TATA BOGA UNY SIAP BERLAGA

Siapa tidak kenal Siomay,  terdapat berbagai jenis variasi siomay  berdasarkan rasa atau daging isinya, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.  Berdasarkan variaan siomay yang telah ada Elsa Mareta dan Arum Larasita mahasiswa S1 Program Studi Boga FT- UNY melakukan inovasi produk  Siomay agar lebih menarik dan meningkatkan citarasanya dengan berbahan dasar cumi-cumi. Elsa dan Arum memilih  menggunakan bahan cumi-cumi sebagai diferensiasi produk siomay karyanya karena cumi-cumi merupakan  salah satu hidangan laut yang banyak digemari. Tak hanya lezat, cumi-cumi juga mudah diolah  menjadi berbagai hidangan.  Selain bahan isi siomay yang dikembangkan Elsa dan Arum juga berinovasi pada warna Sioamay .  “Kalau biasanya siomay berwarna putih keabu-abuan maka siomay olahan kami dibuat berwarna warni menggunakan berbagai pewarna alami sehingga  dinamakan Siomini (Siomay Cumi-Cumi Warna Warni)”, ujar Elsa.  Lanjut Arum, variasi warna siomini  merah keungu-unguan, kuning dan hijau. Warna merah keunguan berasal dari sari buah bit, warna hijau berasal dari sari sawi hijau dan warna kuning di dapatkan dari sari wortel. Siomini ini mempunyai kulit yang lembut karena dibuat dari dadaran tepung terigu dan tepung tulang ikan dan dibuat dengan menggunakan teknik olah kukus.

Resep Siomini karya Elsa dan Arum ini berhasil menarik perhatian dewan Juri Lomba Inovasi Produk Hasil Perikanan Tingkat Nasional yang diselenggarakan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Siomini berhasil terpilih sebagai 20 Finalis dari 86 peserta Lomba yang mengirimkan resep inovasi makanan hasil perikanan dari berbagai daerah di Indonesia. Formula Siomini akan diolah dan dipraktekkan bersama 20 finalis lainnya  dalam Ajang Final Lomba Inovasi Produk Hasil Perikanan Tingkat Nasional di  Halaman Parkir GMB III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (25/10).

Menurut Fitri Rahmawati, salah satu dosen pendamping,  banyak inovasi olahan makanan baik dari pertanian, peternakan maupun perikanan yang dilakukan mahasiswa Prodi Teknik Boga FT-UNY sangat inovatif. Untuk itu mahasiswa diharapkan meningkatkan kreativitas, networking , marketing dan publikasi agar produk-produk mereka dikenal oleh masyarakat. Salah satu cara nya adalah diikutkan berbagai lomba baik tingkat lokal maupun Nasional.

Kepada redaksi web UNY,  Elsa Mareta dan Arum Arasita mohon doa restu dan dukungan dari seluruh civitas UNY agar mampu meraih prestasi di Tingkat Nasional. Selamat berlomba, selamat berjuang. Buat yang terbaik. (noor/ls)