WAGUB DIY “RESTUI” TIM KARNAVAL FT UNY IKUTI WORLD COSTUME FESTIVAL 2016

World Costume Festival (WCF) merupakan salah satu ajang perlombaan kostum karnaval tingkat Internasional yang diselenggarakan 3 tahun sekali di Vigan City Ilocos Sur Philippines. Pada tahun 2013 Tim Karnaval FT UNY mengikuti perlombaan WCF dan langsung meraih gelar Grand Champion. Pada tahun 2016 Tim Karnaval FT UNY siap mengikuti perlombaan WCF untuk kedua kalinya mewakili Yogyakarta dan juga Indonesia pada tanggal 16-30 Oktober 2016 di Vigan City Ilocos Sur Philippines. FT UNY mengirimkan 11 orang, yang terdiri dari 2 Dosen dan 9 Mahasiswa FT UNY. Tim Karnaval FT UNY mengusung tema kearifan lokal dari Yogyakarta sekaligus mempromosikan potensi budaya dan pariwisata melalui kostum karnaval.

Dengan konsep yang berkaitan dengan Yogyakarta, Tim Karnaval FT UNY yang didampingi oleh Dr. Giri Wiyono,M.T. selaku Wakil Dekan III FT UNY memohon doa restu kepada Pimpinan Pemerintah Provinsi DIY yang diwakili oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) selaku Wakil Gubernur DIY dan Sekretaris Dinas Pariwisata DIY.

“Kami mendukung kegiatan Tim Karnaval FT UNY dan pemerintah membuka ruang kepada mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat dunia untuk pengalaman wawasan Internasional. Ada tiga pilar yang harus dipegang teguh oleh Tim Karnaval FT UNY yaitu Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata, papar Wakil Gubernur DIY. Lebih lanjut Bapak Wakil Gubernur menjelaskan, “semua kegiatan kemahasiswaan kami serahkan kepada setiap Perguruan Tinggi akan tetapi jangan sampai melupakan nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

Sementara itu, Wakil Dekan III FT UNY Dr. Giri Wiyono, M.T. menyampaikan bahwa semua kegiatan kemahasiswaan tetap memegang nilai-nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tugas kami mengarahkan serta mengawal dari kegitan kemahasiswaan.

Sekali lagi Wakil Gubernur menegaskan segala konsep yang akan ditampilkan pada kegiatan WCF 2016 haruslah mengandung filosofi Yogyakarta dengan segala potensi budaya dan pariwisata agar masyarakat dunia mengetahui kekayaan yang melimpah dari Yogyakarta.

Diakhir pertemuan Wakil Gubernur DIY menegaskan dukungan kepada Tim Karnaval FT UNY seraya mendoakan agar mendapatkan hasil yang terbaik. “Jaga nama baik Yogyakarta dan bangsa ini serta harumkan nama Indonesia dengan ukiran prestasi,” tutup Wakil Gubernur DIY.

Kusminarko Warno,S.Pd. selaku pendamping kegiatan dari FT UNY menjelaskan bahwa konsep yang akan dibawa adalah cerita rakyat dari Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Muatan kostum karnaval pada lomba WCF 2016 yaitu Art Fashion Carnival yang dikonsep oleh Afif Ghurub Bestari,M.Pd selaku Pembina UKM Karnaval FT UNY dan Tim Karnaval FT UNY.

“Misi Tim Karnaval FT UNY pada WCF 2016 yaitu mempertahankan gelar Grand Champion, mempertegas UNY sebagai World Class University serta mempromosikan potensi budaya dan pariwisata melalui kostum karnaval”, terang Dicky Nurul Ilham selaku Ketua UKM Karnaval FT UNY.