Berita

Post date: 04/05/2018 - 13:35

Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Boga (S1) dan Teknik Boga (D3), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Proyek Akhir Boga 2018 “Wonderfood” dengan tagline “Wonderful Nuts for Food Innovation” di Auditorium UNY (04/05/2018). Pagelaran Boga ini mengusung semangat inovasi kuliner berbasis kacang-kacangan untuk mendorong pemanfaatan pangan lokal” dalam Pameran Proyek Akhir Boga 2018.


Ahqid Tyas Pambudi, ketua panitia, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi kampus dalam pengembangan kuliner bangsa karena keberagaman kuliner ini mesti dijaga serta dikembangkan agar tidak tergerus zaman. “Selain menyoroti penguatan hubungan anatar sektor pariwisata dengan dunia kuliner, pameran ini juga sebagai gairah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional karena sungguh ironis bila...

Post date: 26/04/2018 - 08:56

Program Studi Tata Rias Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar pagelaran rias pengantin barat di aula KPLT FT UNY (24/05-2018). Para mahasiswa menyulap aula KPLT bak arena pesta pernikahan lengkap dengan catwalk untuk peragaan. Dengan mengusung tema "Buwaca Darpa Srikandi", mahasiswa Tata Rias menyuguhkan pagelaran rias pengantin internasional.


Pengantin internasional ditandai dnegan pilihan busananya yang berwujud gaun panjang warna putih. Putih sendiri mengandung arti kesucian serta memberi nuansa lembut. “Untuk riasan pengantinnya berkesan lebih sederhana dan segar dengan penampilan yang natural namun tetap anggun dan elegan,” ujar Asi Trianti, M.Pd., ketua Program Studi Tata Rias dan Kecantikan.

Pagelaran rias ini merupakan rangkaian ujian praktik mahasiswa Rias untuk mata...

Post date: 16/04/2018 - 13:48

Industri fashion di Indonesia tumbuh sangat cepat dalam sedekade terakhir. Tren fashion sendiri juga terus berkembang yang didukung produktivitas dan inovasi para desainer lokal dalam merancang model baru seiring dengan selera masyarakat yang makin tinggi dan cerdas dalam memilih produk busana. Di sisi lain, sub-sektor ini juga menghadapi banyak tantangan dengan massive-nya produk-produk impor. Berangkat dari hal itu, Program Studi Pendidikan Teknik Busana dan Teknik Busana angkatan 2015, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mencoba berkontribusi dalam mengangkat marwah produk-produk fashion lokal dengan menyelenggarakan Peragaan Busana bertajuk Movitsme atau singkatan dari Move To It’s Me (11/07/2018) di Auditorium UNY.


Peragaan ini menampilkan lebih dari 100 busana pesta malam karya mahasiswa yang...

Post date: 19/01/2018 - 14:38

Keilmuan tata rias memiliki banyak cabang dan tidak selalu identik dengan tampilan riasan wajah sehari – hari. Sebagai contoh adalah make up karakter yang digunakan untuk kepentingan dunia film, akting dan hiburan. Dengan semakin maraknya perkembangan industri perfilman tak ayal juga meningkatkan geliat bidang rias karakter. Dari situ, mahasiswa (angkatan 2015) Program Studi Tata Rias dan Kecantikan atau sering dikenal dengan Srikandi Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mencoba berkontribusi dengan menampilkan Pagelaran Proyek Akhir dalam bentuk Teater Tradisi “Mentari Pagi di Bumi Wilwatikta” bekerja sama dengan UKM Kamasetra UNY di Auditorium UNY (19/01/2018). Cerita yang diangkat merupakan sebuah kisah tentang kerajaan Majapahit yang ditampilkan melalui cerita dan penampilan yang berbeda. Pagelaran ini...

Post date: 15/01/2018 - 09:50

Manusia masa kini atau sering disebut dengan generasi milenial selalu ingin menunjukkan identitas matang dari hasil evolusi modern namun kadang apa yang ditampilkan hanya bersifat semu dan kenyataanya mereka masih mencari jati diri mereka yang sesumgguhnya. Isu ini diangkat oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana (S1) dan Teknik Busana (D3) angkatan 2015 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dalam peragaan busana bertajuk Illustration Mature Identity of Modern Evolution-IL MIO ME (11/01/2017). IL MIO ME berasal dari bahasa latin atau kalau dalam bahasa inggris adalah It’s me. Hal ini diwujudkan dalam busana yang ditampilkan dengan menggunakan teknik Transformational Recontruction (TR cutting) dan teknik jahit halus yang sebagian besar penyelesainnya dilakukan menggunkaan tangan atau handmade.

...

Pages