BELAJAR TABLE MANNER BERSAMA JURDIK TEKNIK BOGA DAN BUSANA FT UNY

Bertempat di lantai 3 KPLT Fakultas Teknik UNY, sebanyak 150 siswa dari SMP I Melati didampingi Guru dan Kepala Sekolah mengikuti pelatihan Table Manner, Kamis (5/1). Acara yang didahulu dengan demonstrasi make up dari Jurusan Tata Rias Night Party ini, merupakan  permintaan dari pihak SMP N I Melati dan merupakan kegiatan untuk kedua kalinya.

 Kepala Sekolah SMP N I Melati, Ibu Margareta, S.Pd, dalam sambutannya yang disampaikan dalam bahasa Inggris mengucapkan terima kasih kepada pihak fakultas yang telah memberikan kesempatan untuk kedua kalinya kepada sekolahnya mempelajari tentang table manner. “Dengan adanya agenda ini saya yakin siswa kami dapat belajar banyak hal dan tentang suatu nilai kehidupan yang sesungguhnya dan nampaknya, kelak, dari antusias siswa kami akan banyak dari mereka yang tertarik melanjutkan pendidikan mereka di institusi ini,” tuturnya.

Sedangkan Ketua Jurusan Pendidikan Boga dan Busana, Noor Fitrihana, M.Eng, menyampaikan Table Manner adalah cara di mana seseorang mengikuti aturan-aturan sosial tentang bagaimana makan di meja  dalam situasi formal. Belajar Table Manner artinya kita juga harus belajar tentang aturan dan budaya dari negara lain. Table Manner sangatlah penting karena akan memastikan, baik pihak tamu dan tuan rumah merasa nyaman di meja makan. Karena dari meja itu, biasanya, orang akan memberikan penilaian dan judgment bagi kami,” jelasnya.

Sebelum siswa-siswa praktek Table Manner, mereka diberikan penjelasan materi tentang manfaat perjamuan, tipe pelayanan, etika berbusana, menu yang disediakan, alat hidangan, hal-hal tabu yang dilakukan. Dengan media bantuan Video, para mahasiswi  jurdik Pendiidkan Tata Boga membeberkan tentang etiket perjamuan yang berisi tentang posisi duduk yang benar, cara menyantap roti, cara menyantap hidangan, cara menggunakan napkin, serta cara menggunakan alat.

Tampak para siswa serta guru yang mendampingi sangat menikmati bagaimana tata cara makan mulai hidangan pembuka kue hingga appetizer kemudian main course hingga Dessert, berupa puding. (haryo/ls)