FAIRY TALES OF FANTACY, PAGELARAN TUGAS AKHIR PRODI RIAS DAN KECANTIKAN FT UNY

Mahasiswa Prodi Tata Rias dan Kecantikan FT UNY mengadakan pagelaran Tugas Akhir (TA)  mengusung tema “Fairy Tales of Fantasy”. Event tahunan ini dilaksanakan Sabtu (17/3)   di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dengan pementasan drama musikal yang berjudul ”Magnum Opera”. Acara tersebut  menjadi ajang penampilan karya terbaik mahasiswa Prodi Tata Rias dan Kecantikan UNY terutama angkatan 2009.

Ditemui sebelum acara, Mey Warastuti, Ketua Panitia,  menceritakan pagelaran  TA kali ini berbeda dengan pagelaran TA terdahulu yang mengambil tema dongeng dari Indonesia. “Kami mengambil cerita dongeng dari Barat, yaitu gabungan tujuh dongeng antara lain Aladin, Rapunzel, Snow White, Beauty and The Beast, Swan Lake, Sleeping Beauty dan Cinderella. Pemilihan dongeng barat bukan karena kami tidak mencintai budaya sendiri, melainkan untuk memberikan pengetahuan dan memperkenalkan dongeng – dongeng dari negara barat, jelasnya.  Mey, menambahkan ketujuh cerita dongeng, diikuti oleh 43 pemain yang berasal dari ISI Yogyakarta. Drama musikal yang jarang dipertunjukkkan di kawasan Yogyakarta ini menyajikan gaya penataan rambut, make up, busana, tata panggung, tata cahaya, dan properti serta tempat penyelengaraan yang unik dan menarik. Aspek make up caracter dari tiap pemain yang membawakan cerita memang terlihat sangat menonjol dalam pagelaran ini karena tiap mahasiswa bertanggung jawab untuk merias 1 karakter yang mana pada akhirnya mendapat penilaian dari dewan juri sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Prof. Nurfina Aznam, SU, Apt., mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa karena telah berhasil menyelanggarakan event yang sangat megah. “Kelak saya berharap para mahasiswa semua menjadi tenaga-tenaga profesional dibidangnya dan ilmu – ilmu yang telah didapat di UNY akan senantiasa berguna di jalan ke depan yang akan ditapaki”, harapnya. Sedangkan Koordinator prodi Tata Rias, Yuswati, M.Pd., sangat bangga karena mahasiswa Program Studi Diploma III Tata Rias dan Kecantikan FT UNY berhasil membuat pagelaran  tugas Akhir yang dikemas dengan berbeda untuk ke 4 kalinya. (hryo&mey/ls)