Mahasiswi Teknik Busana FT UNY Raih Juara II artikel Parade Cinta Tanah Air

Cynthia Mustika, mahasiswi Teknik Busana (D3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, meraih Juara II dalam kompetisi menulis artikel Parade Cinta Tanah Air dan berhak mendapat trofi Danrem serta uang pembinaan dari Kementrian Pertahanan. Tofi dan uang pembinaan diserahkan berbarengan dengan Upacara Peringatan HUT TNI ke-69 di Makorem 072/Pamungkas, Yogyakarta, Selasa (7/10).

Dalam artikelnya, Cynthia mengambil judul “Fenomena Globalisasi : Dunia dalam Genggaman” dengan menyoroti tentang arti, proses serta efek yang ditimbulkan dari globalisasi. Mahasiswi asal Sleman ini menjelaskan, “Bila ditinjau dari perspektif kebangsaan, globalisasi menumbuhkan kesadaran bahwa kita merupakan warga dari suatu masyarakat global dan mengambil manfaat darinya”.

“Permasalahannya siapkah kita menghadapi persaingan dengan negara lain yang dalam banyak hal lebih siap, seperti dari sumber daya manusiannya, ilmu pengetahuan dan tekhnologinya, serta modalnya? Jika tidak mampu, maka kita akan kalah dalam persaingan global tersebut”, imbuhnya.

Cynhtia menambahkan bahawa globalisasi dapat dilihat dari dua sisi, pertama sebagai ancaman dan yang kedua sebagai peluang. “Sebagai ancaman, globalisasi lebih banyak berdampak negatif seperti merebaknya konsumerisme, materialisme, hedonisme, sekularisme, mengagung-agungkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengeruh negatif lainnya”, beber Cynthia.

Namun Disisi lain globalisasi memberi pengaruh positif. Hal ini hendaknya menjadi peluang bagi bangsa Indonesia untuk mampu menyerapnya, terutama hal-hal yang tidak benturan dengan budaya lokal, nasional, dan ajaran agama. “Hal-hal positif tersebut seperti budaya disiplin, kebersihan, tanggung jawab, egalitarianisme, kompetisi, kerja keras, penghargaan terhadap orang lain, demokrasi, jujur, optimis, mandiri, taat aturan dan lain sebagainya”, tutupnya. (hryo)