PRAKTEK INDUSTRI MAHASISWA PRODI TATA RIAS FT UNY DI NUSA DUA BALI

Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Tata Rias dan Kecantikan FT UNY , Rita Sari, Rizkitaningtyas, Anik Nursupriyanti melaksanakan praktek industri (PI) di Sekar Jagat Boutique Spa Nusa Bali. PI diadakan untuk meningkatkan kompetensi dan mengetahui seluk beluk  iklim kerja industri.  Tim Monitoring PI ke Jatim dan Bali, Minta Harsana, MSc dan M. Adam Jerusalem, MT, merasa bangga karena mahasiswa PI FT UNY  tersebut mampu menunjukkan performansi terbaiknya. Saat Tim berkunjung, mereka melihat  anak didiknya dapat menyesuaikan bahkan mengikuti irama kerja industri.  Menurut owner Sekar Jagat Boutique Spa, Mrs Putu Indri Artini Arta, ketiga mahasiswa tersebut sangat disiplin, cekatan, dan amanah. Tidak pernah terlambat sedikitpun. “Karena itu  saya beri kepercayaan untuk dapat memberikan layanan spa langsung ke pelanggan. Kepercayaan ini bukan main-main karena mempertaruhkan usaha kami”, tegas  Mrs Putu Indri.

Minta Harsana  pada kesempatan tersebut  menyampaikan bahwa Program PI nyata-nyata dapat memberikan gambaran tentang iklim kerja  industri dan juga pengalaman berharga yang tidak mungkin  didapatkan di bangku kuliah. Minta Harsana juga salut kepada tiga  mahasiswa Prodi Tata Rias dan Kecantikan FT UNY  yang mampu memanfaatkan kesempatan berharga tersebut sehingga bisa dipercaya oleh pemilik Spa.  Ia berharap ketiga mahasiswa tersebut tetap disiplin, cekatan, dan amanah  yang merupakan kunci lulusan cepat terserap dalam pasar kerja. Kepada owner Sekar Jagat Boutique Spa,  selain mengucapkan terimakasih,  pak Minta juga berharap pada tahun-tahun mendatang tetap  bersedia menerima anak didiknya  untuk menimba ilmu dan pengalaman.

Saat ditanya pengalaman saat PI, Anik mengungkapkan  saat-saat PI adalah saat-saat yang sangat menyenangkan.  "Kami mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Selain diajari teknik Balinese Spa,  juga diajari secara langsung bagaimana melayani pelanggan dengan baik, menyapa dengan ramah ujar Anik. Rekannya, Rita mengatakan bahkan mereka mendapat pengetahuan yang sama sekali baru buat  mahasiswa Prodi Rias, yaitu diajarkan bagaimana table manner yang baik kepada pelanggan.  Sementara Rizka mengungkapkan banyak ilmu aplikatif yang didapat dalam PI ini , antara lain  praktek melayani pelanggan dengan bahasa Inggris karena  semua pelanggannya adalah orang asing.  Mereka bertiga merasa senang karena selain dapat mempraktekkan ilmunya, dapat ilmu baru, juga mendapat banyak uang tip dari pelayanan yang diberikan. “Seandainya bisa  diperpanjang PI-nya,  kami  pasti mau”, ujar mereka sambil tersenyum renyah. (adj & hyo/ls)