JURUSAN BUSANA BEKALI KETRAMPILAN WARGA CATUR TUNGGAL

Bekerja sama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Jurusan Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik  UNY, menyelenggarakan Pelatihan Usaha Tata Busana,  17 – 25 Januari 2012 . Pelatihan diikuti 12  ibu-ibu rumah tangga desa Catur Tunggal,  dari keluarga yang kurang mampu,  yang tidak  memiliki pekerjaan sehingga dengan program ini diharapkan adanya penguatan ekonomi keluarga bagi para peserta.

Menurut  salah satu  instruktur kegiatan ,  yang juga dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Dra. Prapti Karomah, M.Pd., selama 8 hari peserta dilatih dengan materi mengenai kewirausahaan bidang busana serta memproduksi busana santai, busana kerja, gamis dan kebaya.  Peserta dibekali  cara mengambil ukuran, design, serta mengubah pola. “Kami berharap dapat membekali ketrampilan warga, walaupun   hampir tidak mungkin dalam pelatihan yang singkat ini bisa langsung membuat mereka terampil dalam  menciptakan busana namun paling tidak melalui program ini mereka termotivasi untuk dapat berkarya dan menciptakan peluang kerja”, ujarnya.

Ditempat yang sama perwakilan dari Program Kerja Sosial BKM, Drs. Sumarjiyo, menjelaskan  tekadnya akan  menjadikan program ini berkelanjutan. “Setelah  para warga yang diberi pelatihan  mampu menciptakan kreasi busananya, kami akan mengupayakan memasarkan produk mereka,”jelasnya.

Sementara, disela-sela pelatihan, Zamtinah (40) warga yang berasal dari dusun Blimbing Sari, mengekspresikan  kegembiraannya dengan adanya program  ini. “Semua alat dan bahan telah disiapkan UNY dan BKM, gratis pula, sehingga saya datang  tinggal belajar dan praktek.  Setelah pelatihan ini saya bertekad untuk membuka usaha jahitan sendiri  dirumah, buat tambah – tambah pendapatan,” ujarnya bersemangat. (haryo/ls).