Negera Bagian Victoria Australia tertarik Kerjasama Batik dengan Prodi Busana FT UNY

Belinda Rimbo, Education Services Director Government of Victoria mengaku sangat tertarik dengan program kolaborasi desain batik antara Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (PTBB FT UNY) dengan Jurusan Textile and Fashion Design Kangan Institute, Australia. Hal ini diungkapkan disela-sela kunjungan dirinya dan Brett Stevens Commissioner for Victoria to Indonesia di PTBB FT UNY (03/07/2014). 

Dipandu oleh Graham Long, dosen pendamping dari Kangan Institute, Brett Stevens dan Belinda Rimbo mengamati hasil desain batik para mahasiswa baik dari Kangan Institute maupun dari mahasiswa Busana FT UNY. “Agenda ini sangat menarik, dimana mereka (mahasiswa Indonesia-Australia) mampu berkolaborasi dalam menciptakan trend desain batik untuk koleksi internasional”, kataBelinda Rimbo.

Sedangakan Brett Stevens berkali-kali menyanjung desain dan pola batik karya para mahasiswa yang menurutnya sangat cantik dan unik. “So impressive”, tuturnya beberapa kali.

Kedua utusan dari Negera Bagian Victoria Australia mengaku tertarik untuk mengadakan pelatihan batik dengan Prodi Busana FT UNY. “Saya rasa akan sangat bermanfaat bila kami mengirim warga kami untuk juga belajar tentang batik di sini”, ujar Brett Stevens.

Kami akan menimbang beberapa hal terkait rencana ini dan semoga dalam waktu dekat kita dapat berdiskusi lagi untuk realisasi pelatihan ini”, kata Brett Stevens kepada pihak Prodi Busana FT UNY. (hryo)