Visi Misi Prodi D4 Tata Busana

Isi: 

Visi dan Misi Program Studi Sarjana Terapan Tata Busana

 

1. Visi

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Tata/Teknik Busana yang menghasilkan  Sarjana Terapan D4 bidang busana yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan kataqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

 

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang busana yangunggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan.
  2. Mengembangkan kompetensi pendidikan vokasional bidang busana yang unggul, kreatif dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan melalui penelitian vokasi yang bermanfaat bagi perkembangan IPTEKS.
  3. Memberdayakan masyarakat melalui pengabdian dengan berbagai keterampilan bidang vokasi busana yangkreatif dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian serta kecendekiaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memberikan layanan prima kepada civitas akademika dan stakeholder untuk mewujudkan program studi vokasi busana yang unggul, kreatif, dan inovatif berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
  5. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang mampu memberdayakan mahasiswa secara kreatif dan inovatif berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
  6. Berperan aktif dalam mendukung perkembangan industri fashion Indonesia  melalui kerjasama dengan lembaga lain, baik dalam negeri maupun luar negeri, secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan mutu pelaksanaan tridharma dengan azas kesetaraan dan saling menguntungkan berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

 

 

Profil lulusan

Terampil bekerjasama dalam melaksanakan kerja bidang tata/teknik busanaberdasar analisis konsep mendalam dengan mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS)sehingga tepat dalam mengambil keputusan, seperti menjadi:

  1. Fashion Designer,
  2. Fashion Merchandiser,
  3. Pattern Marker,
  4. Garment Supervisor,
  5. Fashion Instructur.
  6. Fashion Entrepreneur

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Teknik Busana

SETIAP LULUSAN PROGRAM SARJANA TERAPAN TEKNIK BUSANA MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL SEBAGAI BERIKUT:

  1. SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukan sikap terpercaya (berintegritas), resposif, professional dan berperilaku sesuai dengan etika profesi industri busana.

 

  1. PENGETAHUAN

 

  1. Menguasai pengetahuan umum konsep teoritis bidang desain busana, pola,cutting, teknik penjahitan beserta hiasanya yang mampu mengimplementasikan keilmuan secara mendalam baik secara manual maupun menggunakan perangkat komputasi secara kreatif dan inovatif.
  2. Menguasai pengetahuan konsep teoritisbidang busana secara umum dalam melakukan analisis mendalam baik custom made maupun garmen.
  3. Menguasai pengetahuan konsep teoritis secara umum dalam melakukan analisisterhadappengujian kualitasfesyen.
  4. Menguasai pengetahuan konsep dalam mengkomunikasikan ide rancangan busana kepada team work baik secara verbal maupun tulisan.
  5. Menguasai pengetahuan konsep teoritis secara umum bidang entrepreneurshipdalam melakukan analisis promosi publikasi produk fesyen baik offline maupun online.
  6. Menguasai pengetahuan konsep teoritis secara umum dalam mengoperasikan teknologi transformasi komunikasi digital sebagai media branding produk fesyen yang dihasilkan.

 

  1. KETERAMPILAN KHUSUS
    1. Mampu merancang busana, secara kreatif berdasar konsep analisis kajian yang berwawasan estetika, etika, fungsional dan marketable, menggunakan teknik penyelesaian manual maupun Computer Aided Design (CAD).
    2. Mampu menghasilkan inovasipengembangan desain pola busana yang merupakan penyelesaian solusi atas perkembangan trend modebaik manual maupun komputer.
    3. Mampu membuat busanacustom made maupun garmen menggunakan teknologi fesyen beserta hiasan beserta aksesori berdasar Kesehatan Keselamatan KerjaLingkungan Hidup (K3LH).
    4. Mampu menganalisis busanaberdasarkan standar pengendalian kualitas fesyen.
    5. Mampu mempublikasikan inovasi busana melalui berbagai mediabranding.
    6. Mampu memanfaatkan pengetahuan kewirausahaan beserta komunikasi bisnis dalam mengembangkan usaha busana.
    7. Mampu merancang pengelolaan kerja bidang busana pada lembaga pendidikan, pemerintah, dan industry busana.
    8. Mampu melakukan supervisi terhadap pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dalam konteks tugas pekerjaan yang bersifat mandiri.
    9. Memiliki kemampuan manajerial dalam pengelolaan usaha busana dan memberikan solusi permasalahan bidang busana.
    10. Mamiliki ketrampilan memperagakan, memamerkan, dan mengkomunikasikan gagasannya secara lisan dan tertulis.

 

 

 

 

  1. KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkanpemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukurdalam menyelesaikan pekerjaan bidang busana dengan mengaplikasikan sesuai standar kompetensi perancangan.
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur berdasar K3 dan lingkungan hidup;
  3. Mampu menyelesaikan masalah pekerjaan bidang busana didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; 
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; 
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri maupun kelompok.
  8. Mampumembuat laporan, mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data dan mencegah plagiasi.